Love Letters Buat Kamu dan Kamu

Hai kamu. Dan kamu.

Don't be surprised kalo tiba-

tiba saya nulis surat seperti ini

buat kamu, dan kamu.


Well... yeah... so last-decade

memang kirim surat kayak

gini. Sebenernya writing letters

isn't really my thing dan

mungkin buatmu gak terlalu

penting. Jadi biarpun aku

bakal pusing tujuh keliling,

hingga kening keriting, i

promise you i,ll try my best

untuk membuat surat ini

tidak terdengar seperti kiasan

cheesy soal cinta di kartu

Valentine yang dicetak masal.


by Rakhmawati Fitri

Minggu, 09 September 2012

Saya Asli Dari Kalipahit Bukan Thailand


Dear pembaca yang kece, selamat datang di Kotak Surat Afnan.

Kali ini gue mau mengupas tuntas status domisili gue yang asli. Dimana banyak orang sering keliru atau mungkin ketipu, whatever. Sebelumnya gue mau cerita tentang kekeliruan yang sering terjadi pada seseorang disekeliling gue, tentang status domisili gue tentunya.

 Berawal dari temen gue yang bilang “Enak mana waktu SMA atau Kuliah.” Hampir semua temen-temen jawab enak SMA, but I prefer college than high school. I prefer the life I lead now. Dan gue tuh orangnya prefer to look forward rather than back life. Looking back not to be sad but serve as experience for a better life journey ahead. Tunggu kisahnya “Metamorfosis Nauval Afnan” hanya di Kotak Surat Afnan.

Sebenernya gue sudah punya niatan untuk merubah tampilan fisik gue waktu beranjak dari SMA ke Perguruan tinggi. Mulai dari cara bicara, diet total, berpakaian, berpenampilan, hoby, komunitas, kebiasaan dan masih banyak lagi. Dan menurut gue lumayan berhasil. Asal lo tau aja, waktu gue SMA gue tuh culun abis, gendut banget, jelek. Oh no. Sampai temen gue bilang “Yang paling berubah drastis Noval.” Kata Yogi, waktu buber SMA kemaren.

Dari style gue waktu masih SMA yang culun, jelek, cupu abis dan hampir gak pernah ada yang memuji gue, I actually had the intention to change myself in college soalnya gue bosen banget jadi geeky boy. Dan akhirnya kini banyak sekali yang terkecoh kalau gue ternyata anak desa. Begini ceritanya.

Yang pertama ada temen gue namanya kak Adit, yang mengira gue anak Malang atau Sidoarjo, Surabaya dan sekitarnya. Waktu itu kita bertemu di bus antarkota Surabaya-Jember-Banyuwangi, sama-sama mau pulang ke Banyuwangi. Pas ketemuan di bus, bisa-bisanya kak Adit shock setengah mati lalu meledak tertawa terbahak-bahak saat dia baru sadar kalau ternyata gue berdomisili di Banyuwangi.

“Loh Val kamu mau kemana??” kata kak Adit terkejut banget.

 “Loh kak Adit pulang juga? Ini aku mau pulang ke Banyuwangi.” Lalu gue duduk disebelahnya.

“Hah! Pulang ke Banyuwangi?? Hahahahaha….” Seketika kak Adit tertawa terbahak-bahak.

Oww oww! Gue gak ngerti deh apa maksud dari ketawanya itu yang sepertinya bernada mengejek gitu. “Hey kok ketawanya lama banget, kapan berhentinya?” Batin gue dalam keadaan mati gaya. Akhirnya gue ikut ketawa bingung “Hehehehehe….” Sambil ngelirik kearahnya bingung harus ngapain.

“Yaampun Val aku kira kamu anak daerah Malang atau Sidoarjo, Surabaya dan sekitarnya gitu, ternyata Banyuwangi juga.”

“Enggak kak aku Banyuwangi asli.”

“Banyuwangi mana??”

“Tegaldlimo, Kalipahit.”

“Huahahahahaha….” Kak Adit mulai meledak lagi, saking gak tahannya dia sambil menepuk-nepuk tas yang dipangkuannya.

Tuh kan ketawa lagi. Ada apa sih, gue jelek ya sampe diketawa’in gitu. Apa mungkin kak Adit tertawa karena penampilan gue yang tidak mewakili khas anak Kalipahit kali ya. Mungkin aja.  Awalnya agak gue cuwek’in gitu biar udahan ketawanya, tapi tetep aja dia gak berhenti ketawa sampai-sampai air matanya keluar sangat berlebihan.

“Ada apa sih kak?”

“Gak nyangka aja.”

“Maksudnya?” Sambil nyengir bingung kearahnya.

“Oh enggak. Gak papa. Eh kamu tuh Jurusan apa sih.” Berusaha mengalihkan perhatian.

Ayey… ternyata bener dugaan gue, sepertinya dia gak percaya kalo gue anak Kalipahit. Mungkin pikir dia “Gila nih anak. Rumahnya Kalipahit tapi dia sama sekali tidak membawa unsur ‘Kalipahit’, malah auranya elegan, berwibawa dan kharismatik. Kira’in anak daerah barat gitu. Dan sekarang gue percaya bahwa anak Kalipahit tidak selamanya kampungan.” Hehehe… gue langsung nyengir kuda  membayangkan dia ngomong gitu. Okay kalau begitu gue harus menjaga gelar gue sebagai cowok elegan, berwibawa dan kharismatik.

“Eh emh… aku Sastra Indonesia.”

“Oh Sastra Indonesia kira’in anak Sastra Inggris atau anak PSTF gitu.”

Nah yang ini gue gak suka. Emang sih dalam urusan fashion anak Sastra Indonesia dan Sastra Sejarah kalah dibandingkan anak Sastra Inggris atau anak PSTF. But do not think gitu dong If students Literature Indonesian tuh sok nyastra. Buktinya gue, gue tetep humanis tapi enggak sok nyastra, gue fashionable. Mari saudara-saudaraku kita angkat nama Fakultas Sastra dengan prestasi dan pamor yang sensasional hanya modal tampang kita yang rupawan, agar Fakultas Sastra dikenal dengan mahasiswanya yang super kece.

“Eh Noval! Kita karaokean rame-rame lagi yuk. By the way sekarang Inul Vista buka di Jember loh.”

“Ya ayok. Aku sih mau-mau aja. lagian udah lama kita enggak kumpul-kumpul bareng lagi.”

“Iya deh entar aku kabari lagi kalo beneran jadi ya.”

Gue hanya membalas senyum penuh dengan  kharismatik, lalu terbesit ingatan gue kalo dulu waktu karaokean rame-rame di Happy Puppy bareng anak PSM Sastra. Wah ternyata anaknya asik banget gue gak perlu jadi patung karena mati gaya. Ternyata selera musiknya sama dengan aliran gue yaitu lagu-lagu manca gitu. Walaupun ada yang suka lagu Korea dimana gue gak begitu interested sama lagunya, tapi semua terbayarkan waktu kita rame-rame shuffl’in di ruangan medium 4X5m diiringi lagu ‘move like jagger’ miliknya maroon 5 featuring christina aguilera. Pokoknya asik dah.

Cerita sedikit, dulu waktu habisnya karaoke temen gue Nabilla bilang ke gue kalau dia tuh enggak nyangka kalau seorang Nauval Afnan yang tampan rupawan, elegan, kharismatik dan berwibawa ternyata memiliki selera musik yang tinggi. Begitu pula dengan kak Adit yang pernah bilang ke Nabilla ternyata dia juga shock waktu gue ikut larut menggila dengan mereka.

Emang lo pikir seorang Nauval Afnan kelihatan seperti anak alay yang sering mejeng di acara musik Dahsyat itu, yang hafal diluar kepala lagunya ST12, Armada, Kangen, T2, gitu ya! Snap snap snap…. Baby baby baby…. What on earth are you thingking about!!! Itu bener banget. You know itu cita-cita gue loh jadi penonton bayaran dengan gaya ngondek menari seragam serta mengibaskan rambut sesekali tangan di pinggang ala Miss Universe tidak lupa pasang senyum ‘Saipul Jamil’ ketika kamera menyorot mukaku yang begitu tampan dan sedikit cantik berkat bulu mata palsu. Hey man! You pissin me off yo!


Cerita selanjutnya dari kakak kelas gue namanya Novia. Cewek satu  ini lumayan deket sama gue. Gue sering banget ditanggap sama dia, yang nanya’in ini lah, itu lah, udah kerja’in tugas lah, nanti latihan PSM apa enggak, aduh pokoknya kepo banget. Tapi lumayan lah diperhati’in hehe. Nah si cewek yang gayanya Korea abis ini, pernah nanya ke gue asal muasal domisili gue. Ya gue jujur aja “Aku dari Kalipahit, Tegaldlimo, Banyuwangi.” Sangat pede sekali ngomong kayak gitu. 

“Oh ya!? Yaampun Noval kirain kamu tuh dari Jakarta, Depok, atau daerah Jawa Barat gitu! Ternyata kamu dari Banyuwangi Tegaldlimo?”

“Enggak aku asli Banyuwangi. Rumahku di Kalipahit Tegaldlimo.”

“Oh Tegaldlimo ya! Gak nyangka aja. eh by the way dulu mantanku juga dari Tegaldlimo, Banyuwangi.”

“Oh ya? Siapa?”

“Ada. Kakak kelas. Sastra Indonesia juga kok.”

Gue hanya jawab “Oh...” pura-pura tau padahal gak mau tau.

“Apa! anak Jakarta!” gue baru nyadar.

 Tapi gue sempat bete waktu disangka anak Jakarta atau Jawa Barat gitu, bukannya ke-pede-an tapi gue gak suka aja. Dia sebenernya ngomong kayak gitu beneran atau ngejek sih? Tapi kayaknya sih beneran dilihat dari tatapan matanya seperti Shinchan waktu memohon ke mamanya minta dibelikan chocobi dimana matanya penuh dengan butiran-butiran berlian yang memancarkan cahaya sehingga menyilaukan siapapun yang melihatnya.

Yah sudah lah memang dunia ini kejam. Padahal gue udah berusaha semaksimal mungkin untuk tampil low profile biasa saja. Cuek. Tapi dari situlah orang melihatku malah terkesan elegan. Mau bagaimana lagi. Udah nasib.


Cerita ketiga datang juga dari kakak kelas gue, gak tau namanya pokoknya dia cowok. Ceritanya gue sering banget nongkrong di kantin sastra gitu kan sama sahabat gue. Kebetulan sahabat gue mahasiswa dari Thailand yang kuliah di Unej ambil Sastra Indonesia sama kayak gue.  Sahabat gue yang namanya Arkom dan Abdul ini sangatlah eksis seantero kampus Sastra, secara dia mahasiswa dari Thailand gitu. Hey tunggu dulu anak muda, gue sahabatan sama dia bukan semata untuk numpang eksis ya! Tapi emang gue udah klop sama mereka, kuliahnya sekelas, gue juga sering maen bareng sama mereka. Otomatis gue jadi sahabat baik buat mereka sampai mau kekantin pun bareng. Tapi untung kalo ke toilet gak bareng-bareng. Emang anak SD apa kalo mau ke toilet bareng-bareng.

Waktu itu pulang kuliah ngopi dulu di kantin bareng sahabat gue. Karena si Abdul dan Arkom selalu ditanggap dengan kakak angkatan atau para dosen otomatis gue nungguin dong sampai bosan dengerin mereka tanya-tanya ngalor ngidul gak penting. Akhirnya gue ditanggap dan diajak kenalan.

“Namanya siapa”

“Nauval”

“Kapan balik ke Thailand?”

“Apa??”

“Kamu kapan pulang ke Thailand?”

“Aku?? Aku asli Indonesia Kak.”

“Oh Indonesia mana?”

“Banyuwangi.”

“Owalah lare Biayuwangai ta hiro!”

Bayangin deh dari ekspresi gue dengan lagak yang begitu cuek biar kelihatan coolness langsung berubah 180°. Tiba-tiba nyengir kuda, sambil menunjukkan gusi dan gigiku yang berantakan tidak lupa ringikan khas kuda disambung dengan hembusan nafas yang kukeluarkan dari hidung jambu airku yang mengembang sempurna secara bertubi-tubi. Begitulah caraku untuk mengekspresikan ke-ge’er-an yang tidak bisa terbendung lagi. Sama seperti Saraswati bila seseorang butuh bantuan dan menelpon 008 maka Saraswati akan berubah menjadi manusia kucing dengan gaya tangan mencengkram ke depan di depan mukanya seperti membuka tirai dan juga gaya berubah yang menjadi andalannya yaitu split kaki. Saras 008 pahlawan kebajikan hiyat hiyat ciyat ciyat....


***


Ceritanya bukan cuma selesai sampai sini saja. Tapi masih banyak lagi cerita serupa yang gak mungkin gue ceritakan semua satu persatu. Mungkin dengan perubahan yang bisa mengecoh banyak orang disekitar gue, desa Kalipahit kecamatan Tegaldlimo yang terkesan kampungan dan jauh dari peradaban akan membongkar semua paradigma yang sudah melekat di benak kebanyakan orang. Dan semoga perubahan dalam diriku yang tetap memegang teguh embel-embel Kalipahit bisa meningkatkan pamor Kalipahit bahwa Kalipahit masyarakatnya nggak norak seperti yang dibayangkan kebanyakan orang selama ini. 

Jujur gue tuh nggak ada niatan sama sekali untuk menyombongkan diri atau pamer walaupun tulisan ini kelihatannya begitu. Tapi gue hanya semata-mata untuk mengangkat derajat, martabat serta pamor desa Kalipahit tercinta. Kalau memang gue sambong , ngapain juga desa Kalipahit yang jelas-jelas desa itu gue jadikan objek sebagai tempat tinggal gue.

Perlu ditegaskan bawasannya saya yang bernama:

Nama            : Nauval Afnan

Tempat / Tgl Lahir:        Situbondo, 12 Juni 1993

Jenis Kelamin  :                              LAKI-LAKI  Gol. Darah:    -

Alamat          : GEMPOLDAMPIT

  RT/RW       : 048 / 005

  Desa / Kel   : KEDUNGWUNGU

  Kecamatan  : TEGALDLIMO

Agama          : ISLAM                   Status Kawin:    BELUM KAWIN

Pekerjaan      : PELAJAR/MAHASISWA

Berlaku Hingga    :         12-06-2016

Kewarganegaraan :         WNI


Data di atas benar-benar tercantum pada KTP saya yang resmi dan sah. Lengkap dengan  tanda tangan Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil, KABUPATEN BANYUWANGI. Bapak Drs. Setio Harsono, MM.


CAMKAN ITU!!!!



Terimakasih buat kakak saya Riza Hakim S.S. yang sekarang sering dipanggil Ses Lesmono. Karena atas kegigihannya untuk mengangkat derajat, martabat serta pamor desa Kalipahit, sehingga saya terinspirasi untuk melanjutkan visi dan misinya. Saya masih ingat guru, pesanmu kepadaku saat kau selesai di wisuda dan mau berangkat ke Singapore untuk liburan merayakan kelulusanmu, kata terakhir yang kau ucapkan adalah “Kuliah waktunya untuk fashion show.” Kalimat tersebut langsung terpatri dalam benakku, karena kalimat tersebut begitu indah menggetarkan hati jiwa dan raga, menceraahkan pikiran dan menyulut aura yang sempat redup, hingga aku menitihkan air mata.

Baik guru keberhasilan ini kupersembahkan untukmu dan desa kita Kalipahit tercinta. Salam Bakti!. Dibacanya seperti Mario Teguh saat bilang ‘Salam Super’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar